Selasa, 18 Mei 2010

Sansevieria Lidah Mertua


Kaget juga, sebab saya punya tanaman tersebut dan terus terang, menurut saya tanaman tersebut sama sekali tidak menarik. Bahkan saat tersambar mesin potong rumput pun saya tidak ambil pusing :P.

Tak disangka tak dinyana…ternyata tanaman yang ditanam orang tua saya itu banyak sekali manfaatnya. Selain sebagai tanaman hias, baik untuk di dalam maupun luar ruangan, beberapa situs menyebutkan tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati borok, bisul, influensa, batuk, radang saluran pernapasan,

penyubur rambut, diabetes, wasir, hingga kanker ganas. Seratnya digunakan sebagai bahan pakaian.Keistimewaan yang lain dari tanaman ini yaitu kemampuannya menyerap bahan-bahan beracun.Selain menyerap carbon dioxide, tanaman ini juga dapat menyerap benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

Ya, dia bahkan menjadi salah satu objek penelitian tanaman penyaring udara yang dilakukan NASA untuk membersihkan udara di stasiun luar angkasa.

Di Jepang, tanaman ini biasanya digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan.Tanaman ini jenisnya banyak sekali. Dapat dilihat di sini. Jenis yang saya miliki seperti yang dapat dilihat di foto.Warna umumnya yaitu kuning hijau.Perbanyakan tanaman ini biasanya melalui rhizome. Kemampuannya tumbuh di tempat dengan sedikit cahaya matahari dan air membuatnya cocok sebagai tanaman hias dalam ruangan.

Berapa banyak diperlukan untuk membersihkan udara ruangan?

Rekomendasi NASA yaitu menempatkan 15 - 18 tanaman dalam wadah berdiameter 6 - 8 inchi untuk setiap 1800 kaki persegi ruangan/rumah.Silahkan hitung berapa banyak tanaman yang dibutuhkan di rumah Anda


untoro.wordpress.com


Sumber:

Wikipedia
Kompas.com
Kontan-Online.com
TabloidNova.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...