Kamis, 10 Juni 2010

Bisnis Persewaan dan Jual Beli Tanaman Hias Cerah


Jumat, 12 Februari 2010 | 13:48 WIB

Yogyakarta, Kompas - Bisnis persewaan tanaman hias di wilayah DI Yogyakarta menggiurkan. Permintaan terus meningkat, mulai dari perkantoran, perusahaan, acara pernikahan, hingga panggung seminar dan hiburan.

Pada umumnya, harga sewa tanaman hias Rp 35.000 hingga Rp 40.000 per tanaman per bulan dengan penggantian tanaman rata-rata dua kali sebulan. Beberapa jenis tanaman hias yang disewakan antara lain keluarga palem dan puring.

"Peminat rental tanaman semakin meningkat dari tahun ke tahun," kata pemilik usaha persewaan tanaman Kebun Asri di Jalan Kaliurang Km 15,5, Heru Pamungkas, Kamis (11/2). Pelanggannya mencapai 18 perkantoran.

Menurut Heru, perkantoran sengaja menyewa tanaman karena praktis.

Suasana kantor tetap asri tanpa direpotkan dengan pemeliharaan. Selain menyewakan untuk perkantoran, pebisnis sewa tanaman juga melayani permintaan dekorasi acara pernikahan atau seminar. Harga dekorasi pernikahan berkisar Rp 3,5 juta hingga Rp 41 juta.

Sementara, tarif dekorasi seminar atau panggung umumnya Rp 1,5 juta. Para pebisnis persewaan tanaman tidak hanya diuntungkan secara finansial, tetapi juga sarana penyaluran hobi berkebun. Seluruh tanaman di Kebun Asri, misalnya, merupakan koleksi pribadi.

Butuh jejaring

Meskipun tergolong bisnis menggiurkan, tak semua pengusaha tanaman hias mampu merambah bisnis persewaan tanaman. "Bisnis itu butuh jaringan kuat untuk mencari pelanggan," kata pengelola kebun tanaman hias Camelia Garden di Jalan Kaliurang, Muhammad Fahrur.

Selain itu, pebisnis persewaan tanaman membutuhkan kebun tanaman yang luas.

Oleh karena itu, Camelia Garden lebih terfokus pada penjualan aneka tanaman dengan omzet kotor sekitar Rp 10 juta per bulan. Beberapa tanaman koleksi langka, seperti palem varigata, menembus angka penjualan hingga Rp 2,5 juta per batang.

Namun, peminat tanaman dengan harga jual tinggi itu masih terbatas. Beberapa jenis tanaman hias yang banyak diminati masyarakat antara lain puring dengan rentang harga Rp 10.000 hingga Rp 1 juta per tanaman.

Jenis anthurium dijual Rp 5.000 hingga Rp 50.000 per batang, aglaonema Rp 15.000-Rp 75.000, dan sansiviera Rp 15.000 hingga Rp 400.000.

"Meskipun tidak sebagus dahulu, peminat tanaman hias masih cukup lumayan," ujar Fahrur. (WKM)

Dari : kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...