Sabtu, 05 Juni 2010

Komposter Pupuk Organik Cair



Hari ini saya membeli buku berjudul : Membuat Pupuk Kompos Cair karya bapak Sukamto Hadisuwito. Sebelum bembelinya saya sudah meneliti dulu di toko buku, mana buku tentang kompos cair yang jelas gambarnya. Tapi pilihan saya ini ternyata masih belum sepenuhnya tepat. Setiba dirumah ternyata saya masih dibikin bingung oleh gambar yang ada dalam buku itu, yaitu tentang bagaimana konstruksi instalasi pipa didalam komposter. Terpaksa saya mencari lagi di Google. Berjumpalah saya dengan blog mbak Rita Punto : bandarsampah.blogdetik.com dan blog dheno.sudartha.com Nah di blog inilah saya menemukan gambar konstruksi komposter pupuk cair yang jelas. Terimakasih mbak Rita dan mbak Dheno ... (Ahita Teguh Susilo)

Marilah kita membuat komposter pupuk organik cair :

Bahan baku dan alat yang dibutuhkan adalah:


1.Tong plastik bekas, kapasitas tergantung pilihan mulai dari 20 - 100 literan, beli di pengepul barang bekas
2.Potongan pipa pralon diameter 1 inchi, 2 buah

3.Potongan pipa pralon ukuran diameter 1 inchi, 1 buah

4.Potongan pipa pralon ukuran panjang 1 inchi, 1 buah

5.sambungan pipa berbentuk T, 2 buah

6.Sambungan pipa berbentuk L, 1 buah

7.Keran air galon plastik 1 buah

8.Bor

9.Meteran

10.Kasa plastik







Cara membuatnya :

1. 1.Buat dua lubang udara di sisi kanan dan kiri tong dengan menggunakan bor. Diameter lubang harus sama dengan diameter pipa pralon.

2.Buat satu lubang lagi di sisi lain tong. Posisi lubang ketiga ini harus lebih rendah daripada lubang sebelumnya atau sekitar 10 cm dari dasar tong.

3. Lubangi potongan pipa paralon, dan lapisi dengan kain kasa

4.selanjutnya instalasi dalam udara dapat dirangkai. Mulailah dari memasang kedua pipa pralon dengan ukuran yang sama, masing-masing pada lubang kanan dan kiri. Kedua pipa dimasukkan dari arah dalam ke luar. Pipa didorong dari dalam hingga keluar sekitar 3 cm dari lubang dan sisanya sekitar 10 cm berada di dalam tong.

5.Kedua ujung pipa yang mencuat keluar 3 cm tersebut kemudian ditutup dengan kasa plastik. Potong kasa plastik berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 1 cm lebih panjang dari diameter pipa. Beri lem PVC di sekitar ujung pipa, lalu tempelkan kasa, atur hingga tertutup rapi.



6.Selanjutnya kedua pipa tadi disambung dengan sambungan pipa berbentuk T.

7. Kaki sambungan T tersebut dirangkaikan dengan pipa pralon lainnya

8.Kemudian pasang sambungan pipa L pada bagian ujung bawah pipa pralon . Sambungan pipa L dipasang dengan arah kakinya mengarah ke lubang yang akan dipasangi keran (lubang ketiga).

9.Pasang keran plastik pada lubang ketiga tersebut.

10.Terakhir, masukan pipa pralon untuk menyambungkan antara lubang keran plastik dengan pipa L.

Panjang pipa disesuaikan dengan ukuran tong komposter , sedangkan prinsip pemasangan sama saja. Selamat membuat komposter yah..

Dari : bandarsampah.blogdetik.com dan blog dheno.sudartha.com

1 komentar:

  1. mas teguh saya udah baca artikelnya, tapi saya ngak liat cara senjutnya mas, mksud saya artikel yang ada cuman buat komposternya saja, prosedur lanjutan pembuatan kompos cairnyas kok ngak ada ya mas, klo ada kasih link nya ya mas ke emalil saya, ranma_kids@yahoo.com ty

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...